Peringatan 25 Tahun Runtuhnya Tembok Berlin di Google Doodle

Hari ini, 9 November 2014, rakyat Jerman merayakan 25 tahun runtuhnya Tembok Berlin. Raksasa internet Google pun turut memperingatinya dengan menampilkan animasi kreatif di Google Doodle.

Jika Anda mengakses Google pada hari ini, maka di halaman muka mesin pencarinya langsung muncul Google Doodle dengan tampilan animasi. Saat logo ‘Play’ diklik, maka akan terputar video mengenai riwayat singkat runtuhnya Tembok Berlin.

Tembok Berlin (bahasa Jerman: Berliner Mauer) adalah sebuah tembok pembatas terbuat dari beton yang dibangun oleh Republik Demokratik Jerman (Jerman Timur) yang memisahkan kota Berlin Barat dan Berlin Timur.

Tembok yang didirikan pada 13 Agustus 1961 ini juga berfungsi untuk memisahkan sekaligus mengisolasi Berlin Barat, wilayah Jerman Barat, yang dikontrol oleh Prancis, Amerika, dan Inggris, negara-negara yang anggap fasis oleh pemerintahan komunis Jerman Timur.

Pihak Jerman Timur mengatakan bahwa tembok ini dibangun untuk melindungi para warganya dari elemen-elemen fasis yang dapat memicu gerakan-gerakan besar, sehingga mereka dapat membentuk pemerintahan komunis di Jerman Timur.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s