Google Rayakan Ulang Tahun ke-150 Henri de Toulouse Lautrec di Google Doodle

Google menampilkan sosok Henri de Toulouse Lautrec dalam logonya, Senin (24/11/14). Pada tanggal 24 November kemarin, Henri yang tak lain adalah pelukis legendaris tersebut merayakan ulang tahunnya yang ke-150.

Henri de Toulouse Lautrec merupakan seorang pelukis sekaligus ilustrator terkemuka yang berasal dari Perancis. Ia lahir pada 24 November 1864 dan meninggal pada tanggal 9 September 1901 silam.

Sejak kecil, Henri memiliki masalah kesehatan yang kerap dihubung-hubungkan dengan akibat dari perkawinan sedarah orangtuanya, mulai dari patah tulang yang sulit disembuhkan hingga tulang kaki yang berhenti tumbuh. Akibatnya, Henri memiliki fisik pendek dan kurang sempurna, namun hal inilah yang mengantarkannya pada seni.

Kekurangan fisik membuat Henri tak bisa melakukan aktivitas-aktivitas yang biasa dilakukan oleh orang seusiaya. Ia lalu menghabiskan waktunya dengan menggambar ataupun melukis. Dari sinilah Henri mulai menciptakan karya-karya luar biasa dan dikenal oleh banyak orang, khususnya di akhir abad ke-19.

Meski memiliki bakat mengagumkan, Henri tetap tak lepas dari ejekan maupun cemoohan gara-gara memiliki tubuh yang kerdil. Hal tersebut membuat Henri depresi sehingga ia selalu mengonsumsi alkohol.

Akibat dari gaya hidup yang tak sehat, kondisi kesehatan Henri menurun drastis meski usianya masih cukup muda. Tak hanya akibat alkohol, Henri juga terinfeksi penyakit sifilis sehingga ia harus dirawat di sanatorium. Sayangnya, belum lama mendapat perawatan, Henri akhirnya wafat pada usia 36 tahun.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s