Menteri Anis Baswedan Batalkan Kurikulum 2013

 Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah, Anis Baswedan membatalkan kurikulum 2013. Keputusan ini berlaku mulai semester genap 204/2015. Dengan demikian, sistem pendidikan nasional akan kembali menggunakan Kurikulum 2006.

Keputusan ini disampaikan oleh Anies Baswedan dalam konferensi pers pada Jumat (5/12). Anies menyebutkan malam itu juga pihaknya akan mengirimkan surat keputusan kepada sekolah-sekolah yang ada. Disampaikan Anies, nantinya akan ada perbedaan perlakuan terhadap sekolah yang sudah menerapkan Kurikulum 2013 selama tiga semester, dan yang belum.

Terdapat 201.779 sekolah yang hingga kini baru menerapkan Kurikulum 2013 kurang dari tiga semester. Sekolah-sekolah ini akan kembali menggunakan Kurikulum 2006.

Adapun tentang buku-buku yang telah mengacu pada kurikulum terbaru, Anies mengungkapkan, “Buku-bukunya silakan dicetak dan diterima. Namun untuk sementara tidak digunakan sampai kepala sekolah dan gurunya siap.”

Adapun 6.221 sekolah yang sudah menerapkan kurikulum 2013 selama tiga semester diperlakukan berbeda. Pihak sekolah bisa terus melanjutkan penggunaan kurikulum tersebut. Namun, jika nantinya keberatan atau merasa belum siap menerapkan kurikulum tersebut, pihak sekolah bisa melapor ke kementerian.

Anies Baswedan mengaku, keputusan ini diambil karena Kurikulum 2013 perlu dievaluasi. Terdapat masalah dalam hal kesiapan buku, sistem penilaian, penataran guru, serta pendampingan guru dan kepala sekolah yang belum merata. Khusus sekolah yang sudah menerapkan Kurikulum 2013 sejak Juli 2013 dan melanjutkan kurikulum tersebut, maka sekolah tersebut akan menjadi sekolah percontohan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s