Hasil Axiata Cup 2014: Indonesia Kalah dari Thailand

 Hasil Axiata Cup 2014 memastikan tim bulu tangkis Indonesia cuma menjadi runner-up setelah kalah dari Thailand. Dari empat nomor yang dimainkan, Indonesia dan Thailand memiliki kedudukan imbang 2-2. Namun, dari jumlah skor, tim Merah Putih mesti takluk dari Thailand dengan perbedaan dua angka saja.

Indonesia sejatinya sudah melakukan comeback yang luar biasa. Pada pertandingan pertama yang mempertemukan nomor tunggal putra, Tommy Sugiarto tidak bisa mengalahkan Tanongsak Saensomboonsuk. Di gim pertama, kedua atlet sama-sama berjuang keras sebelum Tommy menyerah 20-22. Pada gim berikutnya yang menentukan, Tommy tidak kuasa lagi. Ia takluk dengan 13-21.

Harapan Indonesia makin redup di nomor tunggal putri. Hanna Ramadhini takluk dari Ratchanok Inthanon tanpa perlawanan ketat. Hanna yang baru berusia 19 tahun dipaksa tumbang 9-21 pada gim pertama, lalu kandas 12-21 di gim kedua.

Dengan kedudukan 0-2 atau sama dengan 0-4 dalam skor gim, Indonesia melakukan keajaiban. Pasangan ganda putra Markis Kido/Hendra Setiawan sukses menyingkirkan pasangan muda Thailand, Wannawat Ampusuwan/Pattipat Chalardchaleam. Tidak memberikan ksempatan, Kido/Hendra menyambar duo Thailand dengan 21-16 dan 21-12.

Kedudukan menjadi sama kuat 2-2 berkat kegigihan Riky Widianto/Richi Puspita Dili. Giliran mereka menghempaskan pasangan ganda campuran Thailand Maneepong Jongjit/Sapsiree Taerattanachai. Riky/Richi  mengukir kemenangan 21-17 dan 21-10.

Meskipun imbang 2-2 dan bisa mengejar ketertinggalan skor gim menjadi 4-4, Indonesia tetap tidak berhak menjadi juara Axiata Cup 2014. Pasalnya, Thailand lebih unggul dari segi skor yang dihasilkan, 140 berbanding 138. Sebaliknya, Thailand sukses memperbaiki rekor tahun lalu ketika hanya keluar sebagai runner-up.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s