Tayangan Film Senyap di Malang Ditolak Masyarakat

Film berjudul ‘Senyap’ sempat menimbulkan keributan saat sedang ditayangkan di Warung Kelir, Kota Malang, Jawa Timur pada Rabu 10 Desember 2014 malam. Baru beberapa menit saja sejak proyektor menyala di ruangan dalam warung yang dipenuhi dengan penonton, tiba-tiba seorang aktivis pria dari LSM Pribumi bernama Haris budi Kuncahyo maju dan berseru agar pemutaran film dihentikan.

Akhirnya film ‘Senyap’ atau The Look of Silence yang dibuat oleh Joshua Oppenheimer itu pun dihentikan. Film dokumenter yang berlatar belakang organisasi terlarang PKI itu juga diprotes oleh massa yang datang kemudian ke warung tersebut, dan ramai meminta agar pemutaran film tersebut dihentikan saja.

Haris sendiri berkisah bahwa ayahnya yang bernama Nur Samsu menjadi salah satu korban dari PKI yang memenjarakan ayahnya 1 tahun 8 bulan. Dirinya khawatir dengan diputarnya film dokumenter yang berisi kisah sisi lain yang lebih humanis mengenai kejadian kelam di tanah air itu dapat memicu kebangkitan dari komunis gaya baru.

Kekejaman komunis di tanah air pada waktu itu disebutkannya tak bisa ditolerir lagi sebab mereka membunuhi tokoh agama Islam, merusak masjid dan mushola serta tempat ibadah, dan kekejaman lainnya.

Selain LSM dan ormas, sejumlah aparat kepolisian juga telah berjaga-jaga di sekitar warung yang memutar film Senyap tersebut. Warga sekitar pun turut resah dan tak ingin pemutaran film yang berdurasi 85 menit itu dilanjutkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s