Wassily Kandinsky, Seniman Lukisan Abstrak Rusia di Google Hari Ini

Wassily Kandinsky yang mempunyai nama asli Vasily Vasilyevich Kandinsky, sosok yang diperingati ulang tahunnya ke 148 oleh Google hari ini adalah seorang seniman kelahiran Moskow, Rusia pada tanggal 16 Desember 1866.  Wassily Kandinsky meninggal dunia pada usia 78 tahun di Neuilly-sur-Seine, Perancis pada tanggal 13 Desember 1944.

Kandinsky mulai pendidikan resminya dalam dunia seni ketika ia berada di kota Munich. Di sana, ia bergabung dalam sebuah sekolah seni lukis swasta unggulan dan kemudian bergabung dalam Munich Academy of Arts. Namun, lebih banyak pengetahuannya ia dapatkan melalui belajar secara otodidak (mandiri). Gaya lukisannya berubah dari fluida dan organik menjadi geometris hingga akhirnya menjadi berunsur abstrak.

Wassily Kandinsky merupakan pelopor aliran pure abstraction (abstraksi murni) dalam seni lukis modern. Setelah sukses mengadakan berbagai eksebisi (pameran) avant-garde, dia membentuk sebuah kelompok berpengaruh di kota Munich yang bernama Der Blaue Reiter (The Blue Rider; 1911–14) dan mulai secara total membuat seni lukisan yang mengusung aliran abstrak.

Dia mulai melukis dengan tema konvensional, sembari membentuk teori-teori yang berasal dari pelajaran spiritual dan hubungan yang intim antara musik dan warna. Teori-teori tersebut berkembang sepanjang abad ke 20 dan menjadikannya Bapak Seni Abstrak.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s