Hari Ini Google Doodle Ikut Rayakan Hari Ibu

 Hari ini Google memang secara khusus ikut merayakan Hari Ibu dengan menampilkan Google Doodle yang mengusung tema ‘Indonesia Mother’s Day’.

Peringatan Hari Ibu di Indonesia berbeda dengan Mother’s Day di negara-negara lain yang memperingati jasa-jasa yang telah diberikan oleh ibu kepada keluarganya.

Sedangkan Hari Ibu di negara kita, selain ditujukan untuk jasa para ibu, juga ditujukan untuk jasa para perempuan pada umumnya. Hal ini berkaitan dengan sejarah Hari Ibu di Indonesia itu sendiri.

Kongres Perempuan Indonesia I yang diadakan di Yogyakarta pada tanggal 22-25 Desember 1928 menjadi tonggak awal perayaan Hari Ibu. Para pejuang perempuan Indonesia kala itu menyatukan pikiran untuk berjuang menuju kemerdekaan dan perubahan nasib perempuan. Masalah gizi dan kesehatan ibu dan balita serta pernikahan usia dini juga ikut dibahas.

Penetapan tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu diputuskan dalam Kongres Perempuan Indonesia III pada tahun 1938. Bahkan, Presiden Soekarno mengukuhkan tanggal 22 Desember ini sebagai Hari Ibu untuk dirayakan secara nasional melalui Dekrit Presiden No. 316 tahun 1953.

Banyak perempuan Indonesia yang memberikan sumbangsih besar bagi bumi pertiwi.

Mulai dari pejuang kemerdekaan seperti Tjut Nyak Dien, Tjut Meutia, Nyi Ageng Serang, Dewi Sartika, Kartini, Martha Christina Tiahahu, Maria Walanda Maramis, Nyai Ahmad Dahlan, HR Rasuna Said, hingga tokoh-tokoh yang berjasa dalam mengisi kemerdekaan di berbagai bidang sekarang ini.

Berbagai acara seperti lomba, seminar dan lain-lain diadakan untuk merayakan Hari Ibu.

Selamat Hari Ibu, wahai para ibu dan seluruh perempuan Indonesia!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s