Berita Tekini Air Asia QZ8501 Diduga Basarnas Ada di Dasar Laut

Berita Terbaru Air Asia QZ8501 dengan rute Surabaya ke Singapura yang hilang pada Minggu (28/12) masih belum menemukan titik temu. Basarnas (Badan SAR Nasional) menyebutkan pencarian masih berlangsung pada hari ini dengan fokus pada tujuh titik. Dugaan awal, pesawat AirAsia tersebut ada di dasar laut.

Pesawat AirAsia QZ8501 hilang kontak dengan ATC (Air Traffic Controller) setelah bertolak dari Bandara Juanda, Surabaya pada Minggu pagi. Terakhir kali pesawat ini tertangkap radar pada pukul 06.12 WIB. Lokasi terakhir yang terlihat dari ATC adalah di sekitar Tanjung Pandan dan Pontianak. Dengan mempertimbangkan lokasi tersebut, Basarnas membuka asumsi awal QZ8501 tidak lagi bisa ditemukan di darat.

“Karena koordinat yang diberikan ada di laut, dugaan awal pesawat ada di dasar laut,” ungkap Kepala Badan SAR Nasional FH Bambang Soelistyo seperti dikutip oleh CNN Indonesia.

Jika dugaan ini benar, proses pencarian akan semakin sulit. Pasalnya, Basarnas terkendala pada peralatan yang belum mampu melacak pada kedalaman laut yang demikian. Yang dbutuhkan adalah keberadaan drone (pesawat tanpa awak) bawah laut.

Disampaikan Bambang, “Drone bawah laut itu bentuknya semacam robot yang bisa dikendalikan oleh manusia. Kita belum punya sama sekali alat itu.”

Saat ini Basarnas memakai teknologi sistem sonar. Namun “spesifikasinya kurang tinggi untuk kedalaman laut tertentu”. Sistem sonar hanya memungkinkan pelacakan sampai 50 meter dan tergantung pada kualitas air laut. Semakin jernih air, semakin baik kemungkinan sinyal ditangkap.

Meskipun demikian Basarnas tidak mau menyerah begitu saja. Soelistyo menyebutkan bahwa pencarian pada hari ini Senin (29/12) akan difokuskan pada tujuh titik, yaitu Bangka, Singkep, Belitung, Selat Karimata, dan beberapa wilayah darat bagian barat Kalimantan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s