40 Jasad Korban Pesawat Air Asia QZ8501 Ditemukan

 Ditemukan 40 jasad korban pesawat Air Asia QZ8501 oleh KRI Bung Tomo pada Selasa (30/12), tiga di antaranya dalam posisi bergandengan tangan. Ini menjadi titik penting dalam pencarian pesawat AirAsia QZ8501 yang sejak Minggu (28/12) kemarin dinyatakan hilang kontak. Di samping jasad, ditemukan pula serpihan-serpihan pesawat yang mengapung di lautan.

Dilansir oleh Tempo, siang tadi pesawat Hercules Alpha 1319 TNI AU menemukan sekitar delapan tubuh manusia dan serpihan pesawat ketika menyisir sisi barat perairan Selat Karimata. Kopilot Letnan Satu Penerbang Erwin Tri Prabowo menuturkan, tiga dari delapan jasad tersebut dalam posisi bergandengan tangan. Titik koordinat temuan tersebut berada di S- 03″56.388′ dan E-110″29.987′.

Penemuan tubuh manusia ini menyusul penemuan beberapa benda mengapung yang merupakan serpihan pesawat dan pelampung. Dimulai pada pukul 12.50 ketika pesawat Hercules TNI AU melihat bayangan di dalam laut yang diduga bentuk pesawat,  dan dilanjutkan dengan penemuan pintu darurat pesawat pada pukul 13.50. Berbagai serpihan juga turut ditemukan di perairan dekat Pangkalan Bun,

Hingga sore ini, sudah ditemukan setidaknya 40 mayat dari laut yang menjadi lokasi pencarian QZ8501. Hal ini dikonfirmasi oleh Juru bicara TNI Angkatan Laut, Laksamana Pertama Manahan Simorangkir. Ia menuturkan, “Berdasarkan radio angkatan laut, telah dilaporkan bahwa kapal perang Bung Tomo telah mengambil 40 mayat dan jumlah ini terus berkembang.”

Penemuan demi penemuan kepingan Air Asia dan mayat korban menjadi titik terang pencarian sejak pesawat hilang pada Minggu (28/12) pagi pukul 06.17 WIB. Pesawat mengangkut 155 penumpang dan 7 kru dari Surabaya menuju Singapura.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s