Calon Kapolri Pilihan Jokowi Jadi Tersangka KPK

 Budi Gunawan calon kapolri pilihan Jokowi ditetapkan sebagai tersangka rekening gendut oleh KPK. Ketua KPK menyampaikan secara langsung penetapan ini. Abraham Samad yang menyebutkan Budi terlibat kasus tindak pidana korupsi saat menjadi Kepala Biro Pembinaan Karier.

Langkah kilat KPK terhadap Budi Gunawan ini mengundang berbagai reaksi dari masyarakat. Pasalnya sebelum ini, Budi menjadi calon tunggal Kepala Kepolisian Republik Indonesia yang diajukan oleh Presiden Joko Widodo. DPR juga secara tersirat akan mendukung pencalonan tersebut. Namun dalam jumpa pers di kantor KPK, Abraham Samad mengeluarkan pernyataan tegas.

“Setelah penyelidikan yang begitu lama, KPK menemukan lebih dari dua alat bukti dan memutuskan BG sebagai tersangka penerima hadiah ketika tersangka menjabat sebagai penyelenggara negara,” katanya seperti dikutip CNN Indonesia.

Abraham Samad juga mengungkapkan jika sebelumnya nama Budi Gunawan juga termasuk dalam salah satu calon menteri di Kabinet Kerja. Ketika itu KPK sudah memberikan tanda merah. Namun ternyata hal tersebut tidak diindahkan oleh Jokowi. Budi tetap muncul sebagai calon orang nomor satu kepolisian menggantikan Sutarman.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s