PDI-P Benarkan Artikel ‘Rumah Kaca Abraham Samad‘

Artikel ‘Rumah Kaca Abraham Samad‘ yang ditulis oleh akun Sawito Kartowibowo menjadi awal ‘perang terbuka’ antara PDI-P vs KPK. Dalam artikel tersebut disebutkan bahwa Abraham Samad sang ketua KPK menjegal Budi Gunawan yang menggagalkannya sebagai cawapres Jokowi. Pelaksana tugas (Plt) Sekjen PDI-P Hasto Kritiyanto mengungkap kebenaran isi artikel itu.

Hasto mengatakan pihaknya harus menjelaskan peristiwa sebenarnya, lantaran Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad membantah kebenaran tulisan itu.

Dalam artikel ‘Rumah Kaca Abraham Samad’ yang ditulis di Kompasiana pada 17 Januari 2015, diungkapkan oleh Sawito, penundaan diangkatnya Budi Gunawan oleh Jokowi adalah ‘kemenangan’ Abraham Samad. Artikel tersebut mengupas sejarah panjang sebelum Pilpres 2014 ketika Abraham berambisi menjadi calon wakil presiden Joko Widodo dan mengadakan sedikitnya enam pertemuan dengan PDI-P untuk membahas hal ini.

Sebelum pertemuan terakhir, internal PDI-P disebutkan sudah sepakat tidak memilih Abraham Samad, dan menunjuk Jusuf Kalla sebagai cawapres. Disebutkan bahwa alasan penolakan terhadap sang ketuak KPK adalah ” Abraham Samad sama sekali dinilai tidak punya akar massa, ia hanya kuat di media, bukan di tingkat massa.”

Ini tulisan lengkap artikel ‘Rumah Kaca Abraham Samad’

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s