Katakan "Rakyat Enggak Jelas" Menteri Tedjo Dilaporkan ke Mabes Polri

Pernyataan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Tedjo Edhy Purdijatno, menjadi buah bibir terhangat akhir pekan ini di media sosial. Bahkan, nama Tedjo muncul sebagai trending topic di Twitter.

Dalam pernyataannya, Tedjo menuduh para pendukung KPK adalah rakyat tak jelas. “Pernyataan yang menyudutkan tidak boleh. Jangan membakar massa, itu suatu sikap pernyataan yang kekanak-kanakan. Konstitusi yang akan mendukung, bukan dukungan rakyat yang enggak jelas itu. Konstitusi yang akan mendukung,” kata Tedjo di Istana Negara, kemarin.

Karena pernyataannya tersebut Menteri tedjo dilaporkan ke Mabes Polri oleh ketua Forum Warga Kota Jakarta (Fakta).

Dikutip dari sidomi.com Azas Tigor Nainggolan sebagai ketua Fakta pada Senin (26/1) menuturkan, “Kami menganggap Pak Tedjo itu sebagai menteri telah melakukan penghinaan terhadap rakyat Indonesia. Sesuai dengan pernyataan beliau yang mengatakan (bahwa) rakyat Indonesia yang (berkumpul) di (gedung) KPK, yang mendukung KPK itu rakyat tidak jelas.”

Menurut Azas, ucapan Menteri Tedjo tersebut ‘memenuhi syarat’ untuk diadukan sesuai Pasal 310 dan 311 KUHP tentang ‘penyerangan kehormatan/nama baik seseorang dengan menuduhkan suatu hal’ dan ‘penistaan’. Pelanggar Pasal 310 bisa dikenai hukuman maksimal sembilan bulan, dan Pasal 311 maksimal empat tahun.

Azas juga menyesalkan sikap Menteri Tedjo yang sejak kejadian menyebut ‘rakyat tidak jelas’ tersebut tidak meminta maaf secara terbuka. Disampaikan Azas kepada Liputan6.com, “(Menteri Tedjo) Klarifikasi tapi belum minta maaf sampai sekarang nggak minta maaf. Seharusnya (sebagai) menteri dia minta maaf dan sebagai wargan egara dia harus tunduk kepada hukum.”

source image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s