Gugatan Pra Peradilan dikabulkan, Penetapan Budi Gunawan Sebagai Tersangka KPK Tidak Sah

Gugatan pra peradilan Budi Gunawan dikabulkan oleh Hakim tunggal Sarpin Rizaldi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Dalam keputusan yang dibacakan pada Senin (16/2), penetapan Budi Gunawan sebagai tersangka oleh KPK tidak sah. Ini menjadi babak baru dalam sengkarut KPK vs Polri setelah BG dinyatakan sebagai tersangka kasus gratifikasi dan rekening tidak wajar.

Berawal dari pengajuan Budi Gunawan sebagai calon tunggal kapolri oleh Presiden Jokowi, tindakan KPK menetapkannya sebagai tersangka berlanjut dengan berbagai konflik. Para petinggi KPK mulai dari Abraham Samad, Zulkarnain, Adnan Pandu, hingga Johan Budi dilaporkan kepada polisi. Bahkan wakil ketua KPK, Bambang Widjojanto dijadikan sebagai tersangka.

Yang paling panas adalah status Budi Gunawan kemudian. Ketua Tim Independen Syafii Maarif dan Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond J. Mahesa menyatakan sang calon tunggal kapolri tidak akan dilantik oleh Jokowi. Namun hari ini, hakim PN Jakarta Selatan mengabulkan gugatan BG atas statusnya sebagai tersangka KPK.

“Surat perintah penyidikan (Sprindik) oleh KPK tidak sah,” kata hakim Sarpin seperti dikutip oleh CNN Indonesia.

Di samping itu, hakim juga menolak seluruh eksepsi KPK sebagai termohon. Dengan keputusan hakim ini, KPK yang tidak mengenal SP3 bisa mengalami kendala besar, hendak menghentikan atau tidak kasus BG tersebut.

Sementara itu, salah satu kuasa hukum Budi Gunawan, Razman Arif Nasution mengungkapkan sebelum persidangan, bahwa kliennya meminta oknum-oknum yang menjelekkan nama polri dan meninggikan nama KPK tidak memperumit konflik yang ada.

“Jangan membuat seakan-akan KPK selalu benar dan penjahatnya adalah Polri,” kata Razman.

sumber: sidomi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s