Dua Pasien Rumah Sakit Siloam Meninggal Dunia Setelah Disuntik Buvanest Spinal

Dua pasien Rumah Sakit Siloam Karawaci, Tangerang, Banten, meninggal dunia setelah mendapatkan suntikan buvanest spinal 0,5 persen heavy sebelum melakukan operasi.

Dilansir dari okezone, Humas RS Siloam Karawaci, Heppi Nurfianto, saat dikonfirmasi membenarkan ada dua pasien rumah sakit tersebut yang meninggal pekan lalu. Kedua pasien yang tewas itu berjenis kelamin laki-laki dan perempuan.

Dijelaskan Heppi, untuk pasien laki-laki merupakan pasien urologi, sementara pasien perempuan merupakan pasien melahirkan dengan tindakan caesar.

“Tindakan dilakukan sesuai prosedur, namun setelah disuntik buvanest spinal 0,5 persen heavy oleh dokter anastesi terjadi hal di luar perkiraan. Pasien mengalami gatal-gatal kejang hingga akhirnya kami masukkan ke ICU dan meninggal 24 jam pascapenyuntikan,” jelasnya.

Padahal sebelumnya, kata Heppi pihaknya kerap menggunakan obat tersebut untuk tindakan.

Mendapati ini, pihaknya mengaku langsung melapor dan mempertanyakan hal ini kepada produsen obat dan menghentikan seluruh tindakan anastesi yang menggunakan obat tersebut.

“Hasil konfirmasi dengan pihak produsen, obat yang ada di dalam tidak sesuai dengan label dan obat-obatan ini sudah ditarik seluruhnya dari RS Siloam,” tegasnya.

Source: Okezone
image source: kompas
Advertisements

One thought on “Dua Pasien Rumah Sakit Siloam Meninggal Dunia Setelah Disuntik Buvanest Spinal

  1. Ironis gara gara salah label bisa berujung maut tapi saya kok curiga berat yah, kenapa korban medis sering terjadi di RS Siloam. Yang notabenenya RS kota besar, padahal buvanest spinal bukan cuma disebar / di supply di RS Siloam aja kan.

    Justru yang RS kecil harusnya lebih besar peluang salah label

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s