Harga BBM Premium Naik Lagi Mulai 1 Maret 2015!

Mulai 1 Maret 2015 pukul 00.00 WIB harga BBM jenis premium naik lagi menjadi Rp 6.800 per liter. Hal ini disampaikan oleh Kementerian ESDM (Energi Sumber Daya Mineral) dengan mengacu pada perkembangan harga minyak dunia. Tetapi harga solar dan minyak tanah dipastikan tetap.

Pemerintahan era Jokowi memang ‘berbeda’ dalam menentukan harga BBM terbaru. Perubahan harga BBM akan bergantung pada harga minyak dunia, seperti yang terjadi mulai Minggu (1/3) dini hari. Kepala Pusat Komunikasi Kementerian ESDM Saleh Abdurahman menyebutkan, saat ini pemerintah merasa perlu menaikkan harga premium.

Dikutip oleh Liputan6.com, Saleh mengungkapkan, “Berdasarkan Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 39 tahun 2014 Tentang Perhitungan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak (BBM), yang telah diubah dengan Permen ESDM Nomor 4 Tahun 2015, dengan melihat perkembangan harga minyak yang terjadi seharusnya Harga Jual Eceran BBM secara umum perlu dinaikkan.”

Harga premium di wilayah penugasan Luar Jawa-Madura-Bali  sebelumnya dipatok Rp. 6.600/liter. Namun mulai dini hari nanti agka itu akan naik menjadi Rp. 6.800/liter. Dengan demikian ada perbedaan sebesar Rp 200 per liter. Kenaikan harga BBM ini tidak berlaku untuk jenis solar dan minyak tanah. Solar tetap dipatok dengan harga Rp 6.400 per liter sementara minyak tanah dihargai Rp 2.500 per liter.

Perubahan harga BBM bukan sekali ini dilakukan oleh pemerintah  era Jokowi. Sebelumnya, pernah ada kenaikan hingga Rp 8.600 pada November 2014 lalu. Harga ini kemudian turun menjadi Rp 7.600 pada awal Januari tahun ini, disusul dengan harga baru Rp 6.600 mulai pertengahan Januari 2015.

source: sidomi
image source: kompas

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s