Kebakaran Pabrik Kimia di China, 30.000 Orang Dievakuasi

Hampir 30.000 orang yang tinggal dekat pabrik kimia Zhangzou yang terbakar, di Fujian, Tiongkok, dievakuasi sebelum akhirnya api berhasil dipadamkan setelah 50 jam, Kamis, 9 April 2015.

Laman Business Times menyebut, kebakaran terjadi di pabrik yang memproduksi paraxylene, bahan kimia yang dikenal sebagai PX dan digunakan dalam pembuatan kain.

Kebakaran yang pertama kali dilaporkan terjadi pada Senin malam, 6 April, berhasil dipadamkan pada Selasa malam, 7 April. Tapi, dua tangki penyimpanan kembali meledak, Rabu, 8 April.



Kantor berita Xinhua menyebut total 29.096 orang dievakuasi dari sekitar pabrik. Enam orang terluka di pabrik yang berada pada Provinsi Fujian, tercatat sebagai kecelakaan kedua dalam dua tahun terakhir.

Lebih dari 800 pemadam kebakaran dikerahkan untuk mengendalikan kebakaran. Rencana pembangunan pabrik-pabrik yang memproduksi PK, telah memicu aksi protes pada beberapa kota di Tiongkok.

Bahan kimia cair bersifat karsinogen yang mudah terbakar itu, dikhawatirkan berbahaya dan menimbulkan gangguan kesehatan bagi warga yang tinggal di sekitar pabrik.

Pabrik Zhangzhou sebelumnya akan dibangun dekat kota Xiamen, tapi dipindahkan ke lokasi saat ini setelah ribuan orang menggelar aksi protes pada 2007.

Sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s