Bandung Pecahkan Rekor Dunia Pemain Angklung Terbanyak

bandung angkung terbanyak

Warga Bandung memecahkan rekor dunia angklung dengan pemain terbanyak. Rekor sebelumnya dipegang oleh Jakarta pada 2008 dengan jumlah pemain mencapai 11.000 orang.

“Hari ini, sebanyak 20.704 warga Bandung memainkan angklung. Dan ini memecahkan rekor dunia,” ujar Wakil Direktur Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri), Oscar Semesta Susilo dalam acara Harmony Angklung for the World 20.000 People Playing Angklung di Stadion Siliwangi Bandung, Kamis (23/4/2015).

Oscar menjelaskan, secara mandiri mereka berkejasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) untuk menghitung peserta pemain angklung. Caranya dengan menggunakan barcode.

“Setiap pemain angklung memiliki nomor barcode yang diperiksa di pintu masuk. Dengan sistem ini hanya bisa sekali masuk. Kalaupun barcode yang sama masuk, tidak akan terhitung karena tidak masuk ke sistem,” imbuhnya.

Hingga pukul 10.20 WIB, sambung Oscar, jumlah peserta menurutbarcode sudah mencapai 16.000 orang. Dilihat dari itu saja, sudah ketahuan rekor dunia akan terpecahkan. Pemecahan rekor dunia ini membuktikan pada dunia bahwa angklung itu adalah milik Indonesia.

Dengan cara ini pula, Indonesia akan terus menjaga agar angklung tidak punah. Ia berharap, di masa depan akan ada banyak musik tradisional yang memecahkan rekor. Karena Indonesia memiliki banyak ragam budaya dan kesenian tradisional. Piagam Muri tersebut langsung diserahkan pada Ridwan Kamil sebagai perwakilan warga Kota Bandung sekitar pukul 11.30 WIB.

Adapun piagam dari Guinness World Records akan diberikan setelah dilakukan rapat di London, Inggris.

“Kita berdoa semoga di depan ada kabar baik kita tercatat di Guinness World Records,” tutur Emil.

Untuk meyakinkan, perwakilan Guinness World Records meminta 20.000 peserta memainkan angklung kembali bersama-sama. Di bawah komando Ridwan Kamil dan perwakilan Saung Angklung Udjo (SAU), para peserta memainkan lagu We Are The World milik Michael Jackson. Seusai memainkan lagu We Are The World, acara pun ditutup dengan lagu Padamu Negeri.

Sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s