Perawat India yang Diperkosa dan Koma Selama 42 Tahun Akhirnya Meninggal Dunia

1548550Aruna-Shanbaug1780x390

Seorang perawat yang koma selama 42 tahun setelah diperkosa oleh seorang pekerja sebuah rumah sakit di India, meninggal dunia, Senin (18/5/2015).

Aruna Shanbaug mengalami serangan seksual brutal saat sedang bekerja di RS King Edward Memorial, Mumbai, India pada 1973.

Saat itu, Aruna yang baru berusia 24 tahun, tengah berganti pakaian ketika Sohanlal Bharta Walmiki, seorang pekerja rumah sakit, menyerang perawat muda itu.

Sohanlal menggunakan rantai anjing untuk mencekik korbannya sehingga memutus aliran darah ke otak Aruna yang berujung kerusakan otak yang mengakibatkan perempuan itu koma.

Meski akhirnya tertangkap, Sohanlal hanya mendekam selama tujuh tahun dipenjara karena melakukan perkosaan dan perampokan. Sedangkan korbannya harus menghabiskan sisa hidupnya dalam kondisi lumpuh dan koma di rumah sakit.

Aruna tetap hidup karena diberi makan melalui hidungnya. Namun, kesehatannya menurun pekan lalu setelah dia menderita pneumonia.

“Aruna meninggal dunia pada pukul 08.30 hari Senin. Dia sudah sempat dimasukkan ke unit perawatan intensif (ICU) dan mendapatkan bantuan ventilator,” ujar juru bicara rumah sakit.

Kasus Aruna ini menjadi salah satu dasar kampanye untuk melegalkan eutanasia di India. Kawan Aruna, jurnalis Pinki Virani yang menulis soal penderitaan Aruna, kepada BBC mengatakan sahabatnya itu kini telah bebas.

Sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s