Luz Kartunis Nabi Muhammad Mundur dari Charlie Hebdo

merasa-tersiksa-luz-kartunis-nabi-muhammad-mundur-dari-charlie-hebdo_20150519_134321

Pria yang mendesain kartun Nabi Muhammad, Luz mengundurkan diri dari majalah Charlie Hebdo. Dia mengaku tersiksa dan merasa berat untuk membuat kartun-kartun itu lagi sejak teman-temannya tewas dalam penyerangan, 7 Januari 2015 silam.

Pria bernama asli Renald Luzier itu mengatakan kepada harian Prancis Liberation bahwa pekerjaannya menjadi “terlalu berat” selepas kematian rekan-rekan kerjanya.

Sebanyak 12 orang tewas ketika dua pria bersenjata menyerang dan menembaki kantor redaksi Charlie Hebdo pada 7 Januari. Penyerangan itu terjadi sehubungan dengan pemuatan karikatur Nabi Muhammad di majalah tersebut.

“Setiap edisi terasa seperti penyiksaan karena rekan-rekan saya sudah tidak ada. Saya menghabiskan malam-malam tanpa tidur memikirkan Charb, Cabu, Honore, Tignous. Sangat melelahkan,” kata Luz.

Penerbitan karikatur Nabi Muhammad menuai berbagai aksi protes di sejumlah negara mayoritas muslim. Dia bergabung dengan majalah itu pada 1992 dan mengatakan pengunduran diri ini adalah pilihan pribadi.

Bulan lalu, Luz mengumumkan dirinya akan berhenti menggambarkan karikatur Nabi Muhammad karena sudah tidak tertarik lagi.

Dia mengaku beberapa orang mendesaknya untuk tinggal. Namun Luz mengatakan dalam wawancara sebelumnya bahwa jaminan keuangan telah menimbulkan pertanyaan mengenai arah editorial untuk masa mendatang.

Majalah Charlie Hebdo yang dulunya nyaris bangkrut, sekarang disokong dana puluhan juta euro.

Kartunis Charlie Hebdo yang tewas
Stephane Charbonnier – “Charb”
Jean Cabut – “Cabu”
Bernard Verlhac – “Tignous”
Georges Wolinski – “Wolin”Philippe Honore

Sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s