Ada Galaksi Baru Bernama Dragonfly 44!

galaksi-baru-640x320

Meskipun sebelumnya ada anggapan di kalangan ilmuwan antariksa bahwa galaksi tidak akan terbentuk lagi, namun temuan terbaru cukup mencengangkan mereka. Ilmuwan dari pusat observasi Keck di Hawai telah menemukan galaksi baru. Seperti hal galaksi lainnya, di dalam galaksi baru ini juga menjadi tempat berkumpul bintang-bintang.

Jika dilihat dari kejauhan, galaksi ini seperti titik besar yang cukup terang. Bentuknya cukup banyak seperti spiral terpuasat maupun bola. Dikutip dari laman Merdeka, ada gaya tari dari inti galaksi yang menjadi berbagai bintang akhirnya mengumpul di tengah. Hanya ada beberapa bintang saja yang letaknya di pinggir.

Galaksi terbaru ini dinamakan galaksi Dragonfly 44. Letaknya ada di gugusan galaksi Coma. Jarak antara bumi dengan galaksi Coma kurang lebih 300 juta tahun cahaya. Galaksi Coma ini cukup dekat dengan gugusan bintang Leo. Ukuran dari galaksi Dragonfly kurang lebih sepadan dengan galaksi Bima Sakti. Hanya saja, jumlah bintang di Dragonfly kurang lebih hanya sejumlah 1 persen dari yang dipunyai Bima Sakti.

Penampakan dari Dragonfly seperti awan. Dia tidak menyerupai kebanyakan bentuk galaksi. Bintang-bintangnya menyebar dan tida mengumpul ke titikpusat. Dengan fakta itu, keberadaan galaksi ini bertentangan dengan teori gravitasi dan bahkan mungkin tidak bisa terbentuk.

“Tantangan terbesar kita sekarang adalah mengungkap misteri bagaimana galaksi jenis baru ini terbentuk. Apakah galaksi Dragonfly 44 adalah galaksi yang gagal terbentuk sempurna? Apakah mereka awalnya galaksi utuh namun terpengaruh oleh galaksi lain sehingga pecah? Atau apakah Dragonfly 44 adalah galaksi yang terlontar dari gugusannya dan tersesat di angkasa?” kata Roberto Abraham, ilmuwan antariksa di pusat observasi Keck.

Sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s