Ini Pengakuan Asisten Masinis Penabrak KRL Saat Diperiksa Polisi

1647051laka-cl1ok780x390

Wing Krisbanu, asisten masinis dari KA1156 yang menyeruduk KA 1154 di Stasiun Juanda, Rabu (23/9/2015), mengaku tidak paham dengan sistem persinyalan berupa peringatan KRL harus berhenti. Saat itu, tiang sinyal sebelum Stasiun Juanda sudah menampilkan kode lampu warna merah sebagai tanda berhenti karena masih ada kereta di depannya.

“Posisi sinyal Blok 102 yang seharusnya paham sekali bahwa warnanya merah, itu tidak terlihat, dan tidak diartikan harus berhenti. Kesimpulannya, asisten masinis melanggar lampu tersebut, sehingga menabrak KRL yang ada di depannya,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Muhammad Iqbal, Jumat (25/9/2015).

Pemeriksaan terhadap Wing dilakukan pada Kamis (24/9/2015) malam. Selain memeriksa Wing, polisi juga melakukan tes urine terhadap Wing dan masinis yang satu ruangan dengan Wing.

Hasil dari tes urine itu menunjukkan Wing dan masinis bersih alias tidak mengonsumsi obat-obatan terlarang. Untuk menyelidiki kecelakaan KRL tersebut, Polda Metro Jaya membentuk tim bersama PT KAI dan KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi).

PT KAI dan KNKT menyelidiki penyebab kecelakaan dari segi teknis. Sedangkan Polda Metro Jaya mengumpulkan bukti-bukti dari pemeriksaan terhadap saksi-saksi di lapangan.

Kesimpulan sementara dari pemeriksaan terhadap Wing, dia lalai dan tidak paham bagaimana cara mengoperasikan kereta.

Namun, Iqbal menegaskan, penyelidikan masih berlanjut sehingga belum bisa dipastikan siapa yang bersalah. “Belum ada tersangka, masih kita dalami,” tutur dia.

Sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s