Pilot Tempur AS dan RI Latihan Bersama di Manado, Pertama dalam 19 Tahun

 

16083e24-5392-4c1d-9f57-38880b81090c_169.jpg

Militer Indonesia dan Amerika Serikat (AS) menggelar latihan bersama di Manado, Sulawesi Utara. Latihan bersama ini merupakan yang pertama dalam 19 tahun terakhir, dengan melibatkan pesawat tempur milik kedua negara.

“Saya baru saja pulang dari perjalanan ke Manado. Kita menggelar latihan (bersama) Cope West. Pilot Marinir AS terbang bersama pilot (TNI) Angkatan Udara Indonesia,” terang Pelaksana Tugas Duta Besar AS untuk Indonesia, Brian McFeeters, dalam press briefing kepada wartawan di kantor Juru Bicara Kedubes AS, Jakarta Pusat, Kamis (3/11/2016).

“Itu merupakan yang pertama dalam 19 tahun terakhir, pilot pesawat tempur kedua negara terbang bersama,” sebutnya.

Enam jet tempur F-18 milik Marinir AS dan enam jet tempur F-16 miliki TNI-AU dilibatkan dalam latihan bersama ini. Dalam keterangannya, Kedubes AS di Jakarta menyebut latihan bersama ini digelar sejak 31 Oktober hingga 11 November mendatang.

Dalam latihan itu, terang McFeeters, pilot pesawat tempur kedua negara lepas landas nyaris bersamaan dan kemudian mengudara bersama. Dalam latihan bersama itu, militer AS maupun Indonesia juga menjalani pelatihan level tinggi, meningkatkan profesionalisme, menangani isu keselamatan.

“Jadi itu latihan yang sangat intens. Itu menjadi contoh dari kemitraan militer yang sangat mendalam antara AS dan Indonesia. Kami bangga menjadi mitra miiliter nomor satu Indonesia,” jelas McFeeters.

Selain Cope West, sebut McFeeters, AS dan Indonesia juga memiliki kemitraan militer dalam beberapa sektor lainnya. Termasuk pengiriman 500-600 personel TNI ke AS untuk menjalani pelatihan, juga kerjasama pelatihan keahlian dan juga kemitraan lain dalam isu kesehatan maupun bencana alam.

Sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s