Indonesia Masuk dalam Kelompok 10 Besar Negara Manufaktur Dunia

berita-bisnis-indonesia-masuk-dalam-kelompok-10-besar-negara-manufaktur-dunia.png

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mencatat Indonesia menjadi salah satu negara yang dapat diperhitungkan di perdagangan industri manufaktur di dunia. United Nations Industrial Development Organisation (UNIDO) mencatat Indonesia menjadi negara yang menduduki posisi 10 di antara negara lainnya dengan nilai 1,93% di 2016.

“Kita merupakan salah satu negara dalam kelompok 10 besar negara manufaktur dunia dengan nilai tambah USD229,6 miliar atau 1,93%,” ungkap Airlangga Hartarto di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (22/2/2017).

Menurutnya, ini merupakan pertumbuhan yang baik untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia untuk dapat tercapai target 5,1% di 2017. Selain itu, ia juga menyebutkan jika jalur perdagangan Indonesia, 60% pasarnya ada di Asia Pasifik.”AS 12%, Australia 11,07%,” kata Airlangga.

Dalam daftar 10 besar kelompok negara manufaktur dunia, China menduduki posisi pertama dengan nilai sebesar USD2,83 triliun atau 23,84%. Di posisi kedua ada As dengan nilai USD1,96 triliun atau 16,54%.

“Kita masih lebih tinggi dari Rusia, Meksiko dan Kanada dengan nilai masing-masing USD210,7 miliar, USD201,9 miliar dan USD172,8 miliar,” jelasnya.

“Yang perlu kita dorong negara-negara ini untuk ekspor produksi. Australia harus serap manufaktur, cepat. Ini salah satu mendorong kerjasama dengan AS dalam bilateral investasi agreement harus didorong,” tukasnya.

Sumber: http://www.smartbisnis.co.id/content/read/berita-bisnis/umum/indonesia-masuk-dalam-kelompok-10-besar-negara-manufaktur-dunia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s