Ini Analisis Ahli, Raja Salman di Vlog Presiden

raja-salman-ngevlog-bersama-presiden-ini-analisis-ahli-0viQCEmFj7.jpg

Kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud di Indonesia telah menciptakan sejarah baru. Terutama karena setelah 47 tahun, baru ada lagi raja dari Kerajaan Arab Saudi yang berkunjung ke Indonesia.

Tapi ada yang dicatat oleh berbagai kalangan terutama warganet. Yakni kesediaan raja ketujuh dalam Wangsa al-Saud itu untuk diajak berswafoto alias selfie hingga muncul dalam video blog atau vlog Presiden Joko Widodo. Vlog buatan Presiden Jokowi saat jamuan makan untuk Raja Salman di Istana Bogor, Rabu 1 Maret 2017 mempertontonkan keceriaan wajah tokoh berjuluk Khadimul Kharamain as-Syarifain itu. Raja di negara kaya minyak itu terlihat rileks.

Menurut pakar mikroekspresi dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Antar Venus, mimik Raja Salman dalam vlog Presiden Jokowi. Dosen ilmu komunikasi itu lantas menyodorkan analisisnya. Pertama, senyum Raja Salman yang digerakkan otot orbiculus oculli (sudut luar mata) dan zygimatic (sudut luar bibir) menunjukkan adanya kerutan. Hal itu menunjukkan adanya senyum yang tulus atau genuine smile.

Tapi jika senyum itu hanya memperlihatkan otot zygimatic, maka berarti karena pura-pura atau fake smile. “Biasanya untuk basa-basi,” tutur Venus, seperti mengutip JPNN, Senin (6/3/2017).

Kedua, senyuman Raja Salman menunjukkan bibirnya terbuka. Sedangkan sudut bibirnya tertarik ke belakang. Venus menyebut hal itu menunjukkan senyum senang. Ketiga, pupil mata mantan Gubernur Riyadh itu dalam vlog Presiden Jokowi terlihat membesar. Pupil yang membesar terjadi saat mengatakan senang di Indonesia pada kalimat pertama. Keempat, Raja Salman berkali-kali menatap Jokowi saat bicara dengan senyum asli. “Ini menandakan kesenangan dan rileks,” tuturnya.

Sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s